Friday, November 20, 2015

Primbon Jawa Tentang Neptu Hari, Neptu Pasaran Dan Perwatakan Serta Alamat Orang Yang Lahir Di Neptu Hari Dan Pasaran Tersebut

Selamat pagi sahabat Primbon Jawa, apa kabarnya di pagi hari yang cerah ini? semoga pemirsa Primbon Jawa selalu dalam keadaan yang sehat. Pada kiriman Pirmbon Jawa yang pertama ini saya akan memberikan satu materi yang wajib sekali anda ketahui jika ingin mengetahui primbon, materi tersebut yaitu "Primbon Jawa Tentang Neptu Hari, Neptu Pasaran Dan Perwatakan Serta Alamat Orang Yang Lahir Di Neptu Hari Dan Pasaran Tersebut". Neptu adalah angka atau dalam istilah sehari-hari bisa disebut juga dengan patokan, nah patokan ini yang nantinya digunakan untuk menentukan alamat/tujuan/firasat anda. Neptu itu sendiri dibagi menjadi 2 yaitu "Neptu hari" dan "Neptu pasaran", neptu hari sama saja dengan patokan menurut hari dalam tanggalan formal/masehi yaitu senin sampai minggu sedangkan neptu pasaran yaitu patokan hari menurut pananggalan jawa seperti pahing, kliwon, pon dan lain sebagainya. Jadi bagaimana? sahabat Primbon Jawa sudah paham kan? apa itu yang disebut "Neptu"? jika belum paham mari kita lanjutkan pembahasannya dibawah ini.

Menurut leluhur orang jawa, jumlah neptu hari dan neptu pasaran memang sangatlah penting sekali. Sebab perhitungan ini digunakan dalam rangka melakukan sesuatu, misalnya : mendirikan rumah, melaksanakan hajat (mengambil menantu, mengkhitankan anak dan lain-lain). Sebagian orang mempunyai keyakinan jika melakukan sesuatu yang tidak sesuai hari dan pasaran maka hal tersebut akan menimbulkan suatu resiko atau kesengsaraan apabila neptu hari dan neptu pasaran tepat jatuh pada jumlah yang membuat orang menjadi sengsara. Adapun neptu hari dan neptu pasaran yang diketahui adalah sebagai berikut :
Primbon Jawa Tentang Neptu Hari, Neptu Pasaran Dan Perwatakan Serta Alamat Orang Yang Lahir Di Neptu Hari Dan Pasaran Tersebut
A. NEPTU HARI
Jumlah yang ada pada neptu hari ada tujuh yaitu :
1. Hari jumat = 6
2. Hari sabtu = 9
3. Hari minggu = 5
4. Hari senin = 4 
5. Hari selasa = 3
6. Hari rabu = 7
7. Hari kamis = 8

B. NEPTU PASARAN
Jumlah neptu pasaran ada 5 yaitu :
1. Hari pahing = 9
2. Hari pon = 7
3. Hari wage = 4
4. Hari kliwon = 8
5. Hari legi = 5

C. PERWATAKAN SERTA ALAMAT ORANG YANG LAHIR DI NEPTU HARI 
Jika ada anak yang lahir pada salah satu neptu hari ketujuh maka anak itu mempunyai ciri-ciri atau watak sebagai berikut.

1. Hari Minggu : 5
Maka tempatnya diutara, maksudnya jika mencari rezeki InsyaAllah akan mendapatkan kemudahan di arah utara. Biasanya orang yang lahir pada neptu ini memiliki ciri kulit berwarna kelabu serta memiliki karismatik seperti Nabi Nuh AS.

2. Hari Senin : 4
Anak yang lahir pada hari ini maka tempatnya lebih baik ke selatan, InsyaAllah jika mencari rezeki akan mudah kearah tersebut. Orang yang lahir pada neptu ini biasanya memiliki warna kulit kuning dan karismatik seperti nabi Musa AS.

3. Hari Selasa : 3
Anak yang lahir pada hari ini maka tempat untuk menopang hidup paling layak berada diarah barat daya. Dia akan mudah untuk mencari segala apa yang dia inginkan jika menempati di arah tersebut. Anak ini biasanya memiliki kulit merah agak kekuning-kuningan serta memiliki kharismatik seperti nabi Isa AS.

4. Hari Rabu : 7
Anak yang lahir tepatnya pada hari ini, tempat yang paling cocok untuk mengusahakan nasibnya InsyaAllah berada diarah tenggara. Jika menjadi pengusaha atau yang lainnya akan berhasil. Biasanya memiliki kulit hitam atau putih serta memiliki kharismatik seperti nabi Ibrahim AS.

5. Hari Kamis : 8
Anak yang lahir tepatnya pada hari tersebut baginya tempat yang paling layak untuk mengembangkan atau mengusahakan nasibnya berada diarah timur. Jika dia berusaha apapun akan berhasil. Biasanya memiliki kulit kemerah-merahan serta kharismatik seperti Dewi Fatimah.

6. Hari Jumat : 6
Anak yang lahir pada hari tersebut maka arah yang paling cocok untuk menentukan atau mengusahakan nasibnya lebih mudah jika melangkah kearah barat. Biasanya memiliki ciri hitam dan memiliki kharismatik seperti nabi Muhammad SAW.

7. Hari Sabtu : 9
Anak yang lahir pada hari tersebut memiliki tempat yang istimewa jika berada diarah utara dan barat. Maksudnya kalau dia mengusahakan apa yang dia inginkan akan berhasil apabila pada arah tersebut. Biasanya memiliki wajah serta memiliki kharismatik seperti nabi Yusuf AS. Maka tidak heran kalau anak ini banyak disimpatiki oleh banyak orang. Jika anak laki-laki maka banyak yang tertarik, kalau anak gadis maka banyak yang jatuh hati kepadanya.

D. PERWATAKAN SERTA ALAMAT ORANG YANG LAHIR DI NEPTU PASARAN
Jika ada seorang anak yang lahir pada neptu pasaran dibawah ini, akan diketahui ciri-ciri dan rezeki yang dimiliki oleh anak-anak tersebut.

1. Hari Pahing : 9
Anak yang lahir tepatnya pada hari pasara ini, memiliki kulit kemerah-merahan, memiliki kota yang terbuat dari tembaga, memiliki laut dari darah, memiliki kayu ingas, memiliki burung emprit dan berdewa brama.

2. Hari Pon : 7
Anak yang lahir pada hari pasaran ini biasanya mempunyai kulit kekuning-kuningan. Dia memiliki kota kencana, memiliki laut madu, memiliki kayu kemuning, memiliki burung kepodang dan dewanya dewa kumojoyo.

3. Hari Wage : 4
Anak yang lahir pada hari pasaran ini, maka dia memiliki kulit hitam, memiliki kota besi, memiliki laut nila, mempunyai kayu telasih dan mempunyai burung dandang. Dewanya wisnu.

4. Hari Kliwon : 8
Anak yang lahir pada hari ini biasanya memiliki kulit putih kemerah-merahan dan kuning majupat. Anak ini memiliki kota selaka, tembaga dan kencana dari besi serta mempunyai laut majupat. Laut bagian timur terdiri dari santan. Sebelah barat terdiri dari madu, sebelah utara terbuat dari nila dan sebelah selatan terdiri dari darah. Kayu yang dimiliki adalah garu dan burungnya bayan yang berwarna warni serta dewanya dewa syiwa.

5. Hari Legi : 5
Anak yang lahir pada hari dan pasaran ini memiliki kulit putih. Ia memiliki kota dari selaka, memiliki laut dari santan, memiliki kayu dari sekar pethak, memiliki burung kunthul dan memilki dewa narudho.

Oke sahabat Primbon itulah Primbon Jawa mengenai "Neptu Hari, Neptu Pasaran Dan Perwatakan Serta Alamat Orang Yang Lahir Di Neptu Hari Dan Pasaran Tersebut". Jangan lupa untuk tetap mengunjungi situs Primbon Jawa Lengkap untuk mendapatkan artikel terbaru seputar Primbon Jawa dari kami.

JANGAN LUPA !!!

SUBSCRIBE VIA EMAIL DAN KLIK "LIKE" HALAMAN FACEBOOK KAMI